7 Kebiasaan Buruk Pemicu Obesitas



7 Kebiasaan Buruk Pemicu Obesitas [ www.BlogApaAja.com ]

Penyebab kegemukan tidak terbatas padakebiasaan makan menu berlemak saja. Ada banyak kebiasaan yang ternyata turutmemberi andil dalam meningkatkan berat badan yang bisa berujung denganobesitas. Beberapa komponen penyebab kegemukan adalah gula dan karbohidrat.Banyak orang belum menyadari jika kedua zat ini dapat memicu lemak di tubuh.

Dikutip dari QuickEasyFit, setidaknya adatujuh kebiasaan buruk lain yang dapat memicu kegemukan akibat salah persepsitentang penyebab kegemukan ini:

  1. Jangan langsung terperdaya dengan sloganmakanan bebas lemak atau rendak remah. Pasalnya, makanan tersebut hanyamenggantikan lemak dengan karbohidrat berkadar rendah.

    Karbohodrat mudah sekali dicerna tubuh.Sehingga, orang yang mengonsumsinya mungkin tidak merasa kenyang dan akhirnyamengonsumsi berlebihan.

  2. Berdiet tanpa melibatkan ahli gizi. Keberadaanahli gizi sebenarnya sangat membantu dalam mengontrol diet. Dia bisa memberikanalternatif makanan yang diperlukan selama berdiet. Uang yang dikeluarkan untukkonsultasi dengan ahli gizi biasanya sebanding dengan hasil berat badan yangdiinginkan selama tidak melanggar aturan diet.

  3. Memiliki kebiasaan kurang tidur. Tidur malamkurang dari lima jam setiap malam bisa menyebabkan penimbunan lemak berlebih ditubuh. Mengatur jam tidur itu baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

  4. Terbiasa minum soda. Minuman soda adalah gula yang cukup tinggi. Minum satu atau dua kaleng soda per hari akanmeningkatkan risiko obesitas sampai 33 persen.

  5. Makan dengan terburu-buru. Orang yang makanterburu-buru menambahkan 66 kalori dalam tubuhnya dibanding yang makan denganperlahan. Sebab, makanan jadi lebih banyak yang masuk ke perut. Sebenarnyamakan sedikit pun bisa merasa kenyang. Otak memerlukan waktu sekitar 20 menituntuk memberikan sinyal kenyang setelah makanan dikonsumsi.

  6. Suka makan banyak. Kadang menu resto ukuranjumbo atau combo menarik perhatian. Sebaiknya abaikan promosi ini dan cukuppilih makanan sesuai kemampuan perut Anda.

  7. Sedikit mengonsumsi air. Air dapat membantuproses metabolisme tubuh. Minum enam gelas air per hari dapat mengurangi 50kalori tubuh. Minum dua gelas air sebelum makan juga bisa mengurangi nafsumakan berlebih


Follow On Twitter