6 Efek Samping Yang Membahayakan Dari Minum Antibiotik



6 Efek Samping Yang Membahayakan Dari Minum Antibiotik [ www.BlogApaAja.com ]

Antibiotik merupakan senyawa atau kelompok obat yang dapat mencegahperkembangbiakan berbagai bakteri dan mikroorganisme berbahaya dalam tubuh.Dilansir dari detikhealth, antibiotik juga digunakan untuk menyembuhkanpenyakit menular yang disebabkan oleh protozoa dan jamur.



Tapi belum banyak orang yang tahu bahwa antibiotik juga dapatmenyebabkan efek samping yang cukup membahayakan. Dikutip dari Ehow, berikutenam efek samping dari mengonsumsi antibiotik.

1. Gangguan Pencernaan



Salah satu efek samping antibiotik yang paling umum adalahmasalah pencernaan. Mulai dari diare, mual, kram, kembung dan timbul rasanyeri.

2. Gangguan Fungsi Jantung



Beberapa orang yang mengonsumsi antibiotik bisa mengalami jantungberdebar-debar, detak jantung abnormal, sakit kepala parah, masalah hatiseperti penyakit kuning, masalah ginjal seperti air kecing berwarna gelap danmasalah saraf seperti kesemutan di tangan dan kaki.

3. Infeksi



Efek samping

yang palingrentan dirasakan wanita adalah infeksi jamur pada organ reproduksi yang dapatmenyebabkan keputihan, gatal dan miss V yang mengeluarkan bau serta cairan.

4. Alergi



Orang yang mengonsumsi antibiotik juga sering mengalami alergi,bahkan hingga bertahun-tahun. Alergi yang sering terjadi adalah gatal-gatal danpembengkakan pada mulut atau tenggorokan.

5. Resistensi



Orang yang keseringan minum antibiotik bisa mengalami resistensiatau kekebalan. Ketika seseorang resisten terhadap antibiotik, ada beberapapenyakit dan infeksi yang tidak dapat lagi diobati, sehingga memerlukanantibiotik dengan dosis lebih tinggi.

6. Mengancam Nyawa



Penggunaan antibiotik dosis tinggi dan dalam jangka lama dapatmenimbulkan efek samping yang sangat serius, seperti kerusakan hati, penurunansel darah putih, kerusakan otak, kerusakan ginjal, aritmia jantung (gangguanirama jantung) dan bahkan kematian.


Follow On Twitter