Anzac Day; Kekalahan Inggris Raya & Prancis Ketika Menyerbu Konstantinopel





25 APRIL adalah hari libur di Australia. Bagi mereka yang tinggal di Australia/New Zaeland, khususnya Sydney, pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata Anzac. DI hari ini ada sebuah parade di negeri Kanguru itu. Anzac parade adalah sebuah jalan yang panjang terbentang dari Sydney CBD sampai ke selatan di daerah La Perouse.

Apa itu ANZAC day?

ANZAC day dirayakan setiap tanggal 25 April. ini adalah hari peringatan militer, dirayakan oleh Australia & New Zaeland untuk mengenang pahlawan mereka yang gugur dalam perang, diawali dari Perang Dunia 1. Mungkin di Indonesia seperti Hari Pahlawan.

Kepanjangan dari ANZAC?

ANZAC adalah kepajangan dari Australia and New ZAeland Corps. Jadi merupakan korps gabungan antara Australia and New Zaeland.

Awal ANZAC day?

ANZAC day pada awalnya dibuat untuk mengenang pasukan ANZAC serta pasukan gabungan lainnya yang mencoba mendarat di Gallipoli (Turkey). Namun setelahnya adalah hari peringatan bagi pahlawan yang gugur ketika perang.

Apa yang terjadi di gallipoli?

Gallipoli adalah nama tanjung (peninsula) di Turki. Ketika Perang Dunia 1, Turki ada salah satu negara yang kuat di dunia. Gallipoli adalah tempat strategis karena merupakan gerbang menuju Konstatinopel dan dijaga sangat ketat.

Turki ketika itu dibantu oleh Jerman, dan Hungaria. Di sisi lain, yang menyerbu adalah Inggris Raya (termasuk Australia, NZ, India) dan Prancis. Gallipoli campaign ini pada akhirnya dimenangkan oleh Turki sedangkan para penyerang (Inggris dan Prancis) harus pulang dan banyak tentara mereka yang mati. Dari Australia sendiri, tidak kurang dari 8000 orang meninggal, Inggris lebih banyak lagi.

Perayaan ANZAC day di sydney?

ANZAC day dirayakan terutama oleh kaum militer. Beritanya juga disiarkan di media. Acaranya dimulai pagi-pagi sekali sekitar jam 4-6 usai Shubuh. Kemudian biasanya dilanjutkan dengan pawai keliling kota. [glclearningcenter]

Follow On Twitter